Sabtu, 06 April 2013


1


PEMACU KUDA BESI FU150 keluaran 2012 pasti mengalami Mesin berisik. kretek-kretek-kretek begitu bunyinya Gan. Nah, jangan kuwatir Ini masalah biasa,dan sudah wajar karena mesin satria fu ini adalah mbah nya mesin DOHC yang berkapasitas besar.


Pengalaman saya memakai motor raider 150 ini adalah setelah memakai dalam kurun waktu 5 bulam , sangat terasa sekali bunyi krek-krek-krek , apalagi saat di geber gas , sangat terasa sekali semakin keras bunyi kretek-kretek nya...dan saya bertanya pada hati... motor padahal di bilang masih baru kok bisa ya bunyinya seperti itu, apa ada yang salah dengan perawatan saya atau dari struktur mesinnya yang sudah tidak sebagus satria fu waktu keluaran yang tahun 2007.(gambar satria fu tahun 2007)... wahh wahh setelah saya verifikasi ulang ternyata akibat nya adalah motor mungkin kecapek-an...dalam waktu 4 bulan sudah mencapai 10.000 KM , akibat dari saya selain touring ternyata lokasi kerja saya yang lumayan cukup jauh dan tiap minggu harus pulang ke rumahsendiri dan jarak yang saya tempuh adalah sekitar 200 KM selama PP tiap minggu selama -+ 5 Bulan . saya putuskan untuk membawa ke bengkel BERES SUZUKI dengan memanfaatkan service rutin tinggal 1 bonusan aza..al hasil motor hanya di bersihkan kabilatornya saja dan di kasih pelumas udah cukup. tetapi untuk suara kemrecek semakin menjadi rameh menghiasi suara knalpot motor.. kata seseorang mekanik. motor nya masih baru tapi sudah parah mas harus di servise besar kalau tidak dalam waktu dekat bisa saja terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. dan untuk membiayi gejala tersebut harus meregut kocek sebesar 200.000 ribu untuk  pembetulan suara yang acak-acak tersebut. akhir nya saya pending di karekan masih dalam status siaga / menunggu gajian...



Nah saya berpikir saat pulang penyakit yang biasanya dihadapi satria FU 150 biasanya bersumber dari bagian rantai timing  (KAMRAT), kalau di bilang rantainya sudah 'uzur' bin melar, sproket (gir)-nya aus, tapi tidak mungkin mengingat kondisi motor masih baru, belum lagi olie nya saya belikan yang bagus..gak pernah pakai bleyer-bleyer an , kelas jalan terendah yang saya mainkan aja cuma 120 km sudah paling top itupun jarang saya mainkan , rata-rata pemakain cuma 60 km- 80 km. karena perjalan saya jauh jauh terus dengan alasan motor masih reyen dan masih belum terbiasa pergi jauh dari sedikit demi sedikit, ya wajarlah kalau ada masalah dengan rantai timing nya..., saya akirnya menemukan formula bahwa rantai timing yang sering memutar dalam jarak jauh bisa mengakibatkan keteng atau penyangga rantai bisa jadi tegang atau potensi dari ratio otomatis antara rantai dan keteng bisa jadi berubah karena kecapek,an atau kaget.. 



Semakin malam semakin gelisah melihat motor yang tidak sehat tersebut, mengingat cicilannya mahal dan masih jauh dari pelunasan .... (ah... motor payah).
keesokan harinya sudah di tunggu toools seperti obeng kunci T dan lainnya untuk membokar sendiri kuda besi saya, akhir nya dengan sebatas ilmu dan saya usahakan untuk nekat .tapi harus PASTI.


susunan acara:
1. minum kopi dulu baru itu...
2. sambil merokok buka pelan2 buka tutup leg shield nya
3. Perhatikan ada sesuatu yang menonjol (setelan tensioner ) di mesin pinggir kiri di bawah karbu BS-26
4. buka adjusment tensioner tersebut dengan kunci 8 pas..
5.  kalau baut nya sudah terlepas semua perhatikan masih merekat kuat apa tidak( langsung jatuh)...kalau    memang masih merekat dan tidak langsung jatuh ... naah hal inilah ( tuas keteng terlalu kenceng ) dan yang menyebabkan kres dan menimbulkan suara kemracak kretek-kretek yang tentunya suara tersebut tidak pernah kita inginkan...

6.santai gan sambil isep rokok lagi gan..trus kalian pelolotin adjusment tensioner nya . coba lepas tutup karet ventilasi nya, dan liat ada mur - coba pakai obeng men kalian puter untuk memeriksa kalau pingin tau.
7. lanjut , pasang lagi dengan memutar ke kanan potensi adjusrnnya sampai ke titik yang paling rendah, sambil tancapkan ke tempat semula, dan langsung di baut ya gan..jangan lupa tutup karet ventilasinya lagi.Ok

8. coba hidupkan motor agan agan pasti hilang kretek-kretek nya. kalau masih kurang pas coba di puter ke sebelah kiri pelan2 Ok

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar